Mahasiswa Program Studi Teknik Listrik Industri Fakultas Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro terlibat aktif dalam program Desa Energi Berdikari Universitas Diponegoro yang bekerja sama dengan Pertamina Foundation. Program Desa Energi Berdikari Universitas Diponegoro bertujuan untuk mengembangkan Desa Wisata Sitaring melalui dua kegiatan utama, yaitu pembangunan bank sampah dan pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Tim mahasiswa dari program studi Teknik Listrik Industri, yang terdiri dari Muhammad Wildan Hariansyah Putra, Alfonsus Giovanni Mahendra Putra, Yonathan Dwi Nugroho, dan Muhammad Irvan Aditya Andreawan, bertanggung jawab atas pemasangan PLTS di desa tersebut. PLTS ini, memiliki kapasitas 1665 Wp dan didukung oleh enam baterai kapasitas 200Ah, dirancang untuk memberikan dukungan energi yang berkelanjutan.

Desa Wisata Sitaring, yang terletak di Dusun Puwono, Desa Kemambang, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, mendapat manfaat signifikan dari inisiatif ini. PLTS tidak hanya memberikan pasokan energi terbarukan yang andal, tetapi juga membantu mengurangi ketergantungan pada sumber daya listrik konvensional. Upaya ini tidak hanya menciptakan keberlanjutan energi, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pemanfaatan sumber energi terbarukan.

Pemasangan PLTS oleh mahasiswa Undip di Desa Wisata Sitaring menjadi langkah positif untuk mendukung keberlanjutan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat